Secangkir Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

Atribut Width dan Height di Tag Marquee Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen
Apa si Kopi itu ?


Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk yang berwarna hitam tapi tidak pekat.

Pemrosesan kopi sebelum dapat diminum melalui proses panjang yaitu dari pemanenan biji kopi yang telah matang baik dengan cara mesin maupun dengan tangan, kemudian dilakukan pemrosesan biji kopi dan pengeringan sebelum menjadi kopi gelondong. Proses selanjutnya yaitu penyangraian dengan tingkat derajat yang bervariasi. Setelah penyangraian biji kopi digiling atau dihaluskan menjadi bubuk kopi sebelum kopi dapat kita minum.


Itu adalah cara pengolahan kopi paling umum. Terdapat sistem pengolahan lain dari pengolahan kopi, yaitu penggunaan teknologi yang dapat membuat kopi tetap putih. Kopi jenis itu biasanya lebih dikenal dengan White Kopi dsb nya.


Di warung-warung makan sering di jumpai di saat kita akan pesan kepada Ibu atau Mas nya, "pesan kopi/kupi itam satu"! , secangkir kopi hitam maksudnya dan biasanya air nya tidak penuh . biasanya juga setengah atau tiga perempat , ini merupakan secara tradisional .


Kopi Jujur 

Nah di Indonesia saat ini ada Kopi jujur lho , ko sampai dibilang Kopi jujur kenapa ya ? Karena... kopi ini asli tanpa campuran essen / Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen (tanpa campuran bahan makanan lainnya) dan aromanya terasa asli karena bubuk kopinya terbuat dari biji kopi asli.




Kopi Jujur Kopi Asli Tanpa Campuran Essen



Kopi Jujur Melawan Corona


Kopi Jujur menyampaikan, kegiatan itu dilaksanakan sejak 30 Maret 2020 dan akan berlanjut hingga 31 Mei 2020.




Kopi Jujur

Memberikan dukungan minuman hangat berupa kopi yang diolah menggunakan 100 persen kopi asli dan air jahe gula aren yang dapat menambah stamina dan aman untuk dikonsumsi oleh dokter hingga karyawan rumah sakit yang menjadi barisan terdepan penanggulangan Covid-19 di Jakarta,

Sudah ada 10 ribu stok kopi yang tersedia hasil donasi Bencoolen Coffe dan sebagian telah dibagikan ke tenaga medis. Pelaksanaannya sendiri dilakukan di delapan rumah sakit rujukan pemerintah dalam penanganan virus Corona atau Covid-19.

Dimulai dengan lima rumah sakit yaitu RS Bhayangkara Kelapa Dua, RSAL Mintohardjo, RSUD Cengkareng, RSIP Sulianto Saroso, dan RS Persahabatan pada minggu lalu. Dan dilanjutkan pada RSPAD Gatot Soebroto, RS Fatmawati, dan RSUD Pasar Minggu


Essen apa itu?


Essen adalah proses campuran bahan makanan/minuman tertentu . Essen bisa diekstrak dari sumber bahan makanan ataupun dibuat melalui proses kimia. Pengertian essen secara sederhananya adalah aroma atau wewangian yang digunakan berdasarkan fungsinya. 

Karena essen hanya digunakan sedikit sekali, umumnya essence berbentuk cair dan dikemas dalam bentuk botol kecil.


Mengenal Jenis-Jenis Kopi di Indonesia

1. Kopi Gayo

Kopi ini di produksi di daerah aceh tengah tepatnya di dataran tinggi gayo.

Di daratan tinggi gayo inilah pusat perkebunan dan produksi kopi terbaik di dunia di hasilkan

2. Kopi Toraja

Dihasilkan dari daerah Sulawesi Selatan di pegunungan toraja.

Pegunungan toraja memang sangat istimewa tanah tumbuh subur, Buktinya dua jenis kopi terbaik dunia bisa dihasilkan sekaligus yaitu Kopi Arabika Toraja dan Kopi Arabika Robusta

3. Kopi Kintamani

Di daerah kintamani Bali mempunyai kopi yang memiliki ciri khas yang beda dari yang lain karena bercita rasa bercampur dengan rasa buah yang tidak dimiliki oleh daerah lain

4. Kopi Flores

Kopi khas flores yang terdapat pada dataran ngada di Nusa Tenggara Timur.Kopi di flores tumbuh subur karena adanya abu vulkanik dari gunung berapi.

Jenis kopi arabica merupakan jenis kopi flores. Beraroma buah dan ada tambahan tembakau setelah meminumnya

5. Kopi Jawa

Kopi ini beraroma tipis rempah-rempah. Melalui proses giling basah yang membuatnya sangat berbeda dan menarik untuk dicicipi.

Di pegunungan ijen banyuwangi jawa timur inilah kopi jawa arabika berkualitas dunia di hasilkan dan terasa khas rasanya.

6. Kopi Lanang

Kata kopi lanang yaitu karena pada biji kopi lanang ini berbentuk bulat, tunggal serta tidak adanya belahan tengah seperti pada biji kopi pada umumnya.

Kata “lanang” merupakan istilah bahasa jawa untuk menandakan bahwa itu “laki-laki.

7. Kopi Luwak

Kopi luwak dihasilkan dari proses yang unik, karena dari hasil kotoran musang tapi tentunya melalui proses tertentu.


8. Kopi Wamena 

Mempunyai aroma yang ringan dan mempunyai ciri khas harum di setiap biji kopinya dan kopi yang original, ringan tampa ampas, harum dan tidak meninggalkan rasa asam di lidah

9. Kopi Sidikalang

Kopi ini sangat digemari para pecinta kopi karena mempunyai tekstur yang paling halus diantara jenis kopi dunia.

Kopi Blockchain apa si itu ?

Bentuk strategi pemasaran yang mana memiliki catatan transaksi digital berstruktur, blok yang dihubungkan ke dalam satu daftar terstruktur yang disebut dengan chain (rantai) sehingga disebut dengan blockchain

Juga merupakan sistem transaksi digital yang dikelola dalam jaringan komputer yang tidak dimiliki oleh satu entitas. Teknologi ini terdiri dari blok yang menampung transaksi, di mana masing-masing blok saling terkait melalui kriptografi.

Jaringan blockchain tidak memiliki otoritas pusat dan sifat transaksi buku besar tidak bisa dirubah, informasi di dalamnya terbuka untuk siapa saja dan semua orang untuk melihatnya.

Sedangkan Kopi Blockhain adalah unit aset digital yang menggunakan sistem Ethereum Virtual Machine (EVM) yang didesentralisasi untuk memfasilitasi transaksi dan transfer.

Keuntungan dengan digitalisasi kopi dengan menggunakan teknologi Blockchain apa aja ya ?

Membantu mengembangkan dan mengelola kopi dari hulu ke hilir

Mempermudah dalam mengontrol dan mengelola hasil perkebunan kopi

Membuat transparansi dari produksi kopi yang disebut “kopi jujur

Meningkatkan permintaan dari ekspor kopi jujur

Memfasilitasi proses pembelian kopi dari pembeli kepada petani

Kopi Blockhain (Kopi) ​​adalah sistem digitalisasi komoditas kopi yang menggunakan teknologi blockchain pada Platform Ethereum. Teknologi ini akan memungkinkan pelacakan transaksi pada etherscan

Mau lebih lengkapnya? kunjungi ke : http://kopiblockchain.io/


Coffee Shop/ Kedai Kopi 

Ketika mengunjungi Coffee Shop/ kedai kopi kita akan melihat mesin espresso. 

Segala minuman berbasis espresso yang kita pesan akan menggunakan mesin espresso untuk menghasilkan ekstrasi biji kopi yang tepat. Kata espresso berasal dari Bahasa Italia yang berarti express atau cepat. 

Berbeda dengan manual brewing yang disajikan melalui proses atau tahapan yang cukup lama, mesin espresso dapat mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling melalui semburan air panas di bawah tekanan tinggi.

Jadi ketika anda memesan kopi di Coffee Shop, anda tidak akan disajikan espresso melainkan minuman kopi yang berbasis espresso seperti caffè latte, cappuccino, caffè macchiato, cafe mocha, atau caffè Americano. 

Mau Tahu Cara Pesan kopi 

Cap
Singkatan untuk cappuccino atau hot cappuccino. Jika kamu mendengar seseorang memesan cap itu sudah pasti merujuk minuman yang satu ini.

Decaf

Seperti diketahui decaf berasal dari kata decaffeinated yang berarti kopi yang sudah dihilangkan kafeinnya kira-kira sebanyak 95% – 97%. Kopi jenis ini biasanya dipesan mereka yang tidak bisa mengkonsumsi kafein tetapi suka dengan rasa kopi.

Double

Kata “double” bisa merujuk beberapa hal. Bisa berarti double shot, dua jenis sirup yang dipesan untuk kopi dingin atau blended atau bisa juga double susunya. Double memiliki banyak arti sesuai dengan pesanan para pelanggan.

Dry

Seperti artinya ‘dry’ berarti kering. Ini merujuk pada minuman kopi dengan froathed milk saja. Jadi kopinya tidak mengandung susu melainkan hanya busa (foam) susu saja.

Extra

Namanya juga “extra” sudah pasti ada yang ditambah. Semisal ekstra gula, ekstra susu atau ekstra whipped cream dan sirup.

House

Istilah ini adalah singkatan dari house blend atau espresso blend yang ada di kedai kopi. Jadi jika kamu mendengar ada yang bertanya “house-nya apa?” itu tandanya dia bertanya tentang kopi spesial dari sebuah kedai kopi yang biasanya cuma kedai kopi itu saja yang punya. House blend ini umumnya dijadikan minuman espresso blend. 

Regular

Seperti namanya regular berarti kopi biasa atau bukan decaf kopi.

Quad

Meksi mungkin jarang dijumpai di Indonesia, quad berarti four shots espresso. Biasanya juga dikenal dengan nama double-double di Amerika Serikat.

Skinny

Term ini dipakai untuk memesan minuman yang dibuat dari susu tanpa lemak. Bukan susu biasa.

Shot

Tak hanya berarti single shot espresso tetapi juga terkadang berarti espresso dengan sirup perasa.

Single

Sudah pasti single hot espresso yang langsung teguk.

Solo

Minuman yang sudah pasti hanya terdiri dari one shot espresso saja.

Soy

Singkatan dari soya milk atau susu kedelai. Biasanya orang yang memesan ini mungkin tidak bisa mengonsumsi dairy product, vegan atau sedang menjaga kesehatan. Ah kadang-kadang juga bisa karena suka saja, ya?

Sugar-Free

Minuman tanpa gula atau mungkin menggunakan gula rendah kalori. Atau juga bisa diperuntukkan saat memesan minuman yang kadar gulanya dikurangi.

Triple

Berarti three shots espresso. Atau bisa juga minuman yang menggunakan three shots espresso sebagai campurannya.

Wet

Kalau istilah yang ini adalah kebalikan dari dry tadi. Minuman tanpa foam dan memiliki jumlah susu yang banyak sekali. Biasanya istilah ini jarang dipakai kecuali kamu memang menginginkan ekstra susu pada kopimu.

Whip
Sudah pasti yang dimaksud adalah whipped cream ya.


Coffee Shop akan memilih mesin espresso untuk sajian kopinya. Biasanya memakai mesin espresso semi manual, yang pengaturan waktu brewing dan jumlah airnya menggunakan tombol-tombol digital.

Mengenal jenis-jenis espresso, berikut ini yang perlu anda ketahui:

Espresso shot

Shot sebutan untuk satuan espresso yang biasa digunakan. Untuk espresso satu shot digunakan 25-35 ml, sedangkan double shot (doppio) sekitar 45-60 ml. 

Ristretto

Ristretto yang berarti restricted mempunyai makna 1 dosis kopi untuk membuat espresso diseduh hanya dengan setengah dosis air. Hasilnya adalah cairan kental dengan volume 15-20ml namun dengan rasa yang lebih kaya. Double ristretto shot dengan volume 30-45ml biasa digunakan juga sebagai bahan dasar minuman kopi.

Lungo

Kebalikan dari ristretto, lungo menyeduh 1 dosis kopi dengan 2 dosis air. Hasilnya minuman dengan volume lebih banyak namun konsentasi rasa yang lebih ringan. 

Americano

Americano adalah double shot espresso yang dicampur air panas dengan perbandingan 1:3 – 1:4. Konon, tentara Perang Dunia 2 asal Amerika yang bertugas di Italia, tidak kuat minum espresso murni. Mereka mencampur espresso dengan air panas untuk mendapatkan kopi yang lebih ringan.

Cappuccino

Cappuccino biasa terbuat dari 1 bagian espresso dicampur dengan 1 bagian steamed milk dan 1 bagian buih susu. Hasilnya adalah minuman dengan tekstur lembut dengan rasa kopi yang masih kuat.

Dalam bahasa Italia kata cappuccino berarti dari little cup, sesuai dengan ukuran cangkir yang digunakan. 

Cafè Latte

Sama seperti cappuccino, cafè latte terbuat dari espresso yang dicampur dengan steamed milk. Perbedaannya terletak pada banyaknya buih susu. 

Caffè Affogato

Caffè affogato adalah espresso yang dberi eskrim sebagai pengganti susu. Berarti tenggelam dalam bahasa Italia, lelehan eskrim pada affogato memang seperti ditenggelamkan oleh hangatnya espresso.

Caffè Mocha

Caffè mocha mencampurkan kopi, susu, dan cokelat dengan perpaduan yang pas. Saat ini cokelat bubuk lebih banyak digunakan daripada cokelat cair ataupun susu cokelat karena dianggap lebih praktis.






































Atribut Width dan Height di Tag Marquee Secangkir Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

Comments