Jenis Kopi

1. Kopi Toraja 

kopi jujur


Kopi enak dan dikenal dunia lain dari tanah air adalah kopi Toraja, kopi ini sesuai namanya memang ditanam di pegunungan Toraja, Sulawesi Selatan. Menariknya kopi asli Indonesia ini ternyata memiliki dua jenis. Yakni kopi Toraja arabika dan satunya adalah robusta yang memang sangat disukai pecinta kopi dunia. 

Ciri khas dari kopi Toraja ini pada dasarnya ada pada sensasi pahitnya yang bertahan sekejap di lidah. Meski terasa pahit menyengat di awal namun selang beberapa detik rasa pahit tersebut hilang tak berbekas. Keunikan ini otomatis menawarkan sensasi yang tidak ditemukan saat mencicipi kopi lain, pantas jika disukai banyak orang di seluruh dunia.


2 . Kopi Gayo 


Kopi Gayo termasuk jenis kopi yang banyak disukai masyarakat dunia karena aromanya nikmat, rasa pahitnya kuat, dan juga tingkat keasamannya rendah. Dilihat dari namanya tentu sudah bisa ditebak jika kopi ini berasal darimana, yakni dari tanah Aceh. Kopi ini masuk ke dalam jenis kopi arabika yang banyak menunai pujian. 

Banyak pecinta kopi mengungkapkan jika kopi arabika terbaik adalah yang ditanam di tanah Aceh. Tidak heran jika penggemarnya cukup banyak dan menjadi komoditi ekspor yang masih sangat menjanjikan. Jika membahas macam-macam kopi maka kopi Gayo tidak bisa dikesampingkan begitu saja. 





3.  Kopi Kintamani 


Adapun jenis dan macam-macam kopi lain yang asli dari Indonesia dan kemudian dikenal sampai mancanegara adalah kopi Kintamani. Kopi ini berasal dari Pulau Dewata yakni Bali yang cukup terkenal di berbagai negara. Berbeda dari jenis kopi lainnya, kopi Kintamani memiliki cita rasa campuran antara biji kopi dan buah, sehingga memberi sensasi berbeda bagi penikmatnya.


4. Kopi Jujur 


Kopi Jujur Kopi Asli Tanpa Campuran Essen


    ko sampai dibilang Kopi jujur kenapa ya ? Karena... kopi ini asli tanpa campuran essen / Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen




Comments